hampir kelupaan kan.... seringkali kita tiu pake komputer tapi ga tau
gimana asal usulnya.. sekarang aku bakal kasi tau nhe gimana sih sejarah
komputer,,
Komputer yang bersifat digital dan memiliki dasar binary/biner seperti yang kita kenal sekarang diawali dari penciptaan Z1 oleh Konrad Zuse pada tahun 1930 yang terus dikembangkan hingga muncul Z3 pada tahun 1941. Komputer ini belum memiliki tujuan militer namun hanya sebagai obyek riset. Pada saat Z4 dikembangkan terjadi perang dunia kedua yang mengakibatkan Z1, Z2, dan Z3 hancur.
Pada tahun 1943 komputer pertama yang memiliki tujuan militer diciptakan, komputer ini bernama Colossus dan diciptakan insinyur Inggris bernama Tommy Flowers. Tujuannya adalah untuk memecahkan sandi yang digunakan Nazi dalam perang dunia kedua. Keberadaan komputer ini baru diketahui publik pada tahun 1970.
Pada tahun 1944, Howard Aiken (professor Harvard University) menciptakan The Mark I yang bertujuan sebagai kalkulator dan penghitung dalam tabel matematika. Namun karena ukurannya yang besar dan kinerja yang lambat, komputer ini dengan mudah tersingkirkan oleh kemputer-komputer lain yang sedang dikembangkan pada saat itu.
Komputer yang bersifat komersil pertama kali diciptakan tahun 1951 dan bernama UNIVAC I, diciptakan oleh Remington Rand. Ukurannya masih sangat besar sehingga belum menarik perhatian publik.
Network pertama yang terbentuk di dunia adalah ARPANET, yang dibentuk pada tahun 1970 dan bertujuan untuk menghubungkan sektor pendidikan, militer, dan ekonomi. Pada masa ini komputer-komputer yang terhubung hanyalah mainframe-mainframe dan koneksinya bersifat tertutup.
Tahun 1971 Federico Faggin dan Ted Hoff mengembangkan microprocessor yang terdiri dari 2250 transistor, mikroprosesor pertama ini dinamakan Intel 4004. Mikroprosesor yang memiliki kemampuan sangat besar ini adalah pelopor dari komputer desktop yang banyak digunakan orang saat ini.
Pong (permainan tenis meja) adalah game pertama yang diciptakan di komputer pada tahun 1972 oleh Al Alcorn. Pada mulanya dia bertujuan untuk menciptakan game mengemudi, namun karena keterbatasan kemampuan komputer pada masa itu, dia mengurungkan niatnya dan mengalihkan projectnya ke game Pong.
Pada tahun 1984, komputer desktop pertama yang menggunakan mouse dan memanfaatkan GUI (Graphical User Interface) diciptakan oleh Apple Computer dan diberi nama Macintosh. Pada awalnya komputer ini dijual seharga $1.5 juta namun pada perkembangannya turun menjadi $2500.
World Wide Web lahir setelah pada tahun 1990 Tim Berners-Lee mengembangkan HyperText Markup Language (HTML). Internet mulai menjadi hal yang umum dengan keberadaan URL (Uniform Resource Locator) dan HTTP (HyperText Transfer Protocol). Internet browser mulai bermunculan, yang paling awal adalah Netscape dan Microsoft Internet Explorer.
Peran Komputer di Berbagai Bidang
1. Bidang Militer
Komputer masih digunakan di bidang militer, namun terjadi pergeseran fungsi dari fungsinya yang semula sebagai decoder (pemecah sandi) menjadi sistem pelacakan dan pertahanan. GPS (Global Positioning System) dan Radar adalah contoh dari perangkat yang pada mulanya diciptakan untuk mendukung bidang militer terutama untuk keperluan perang namun sekarang juga digunakan dalam bidang transportasi dan ilmu pengetahuan. (Picture: co.st-clair.il.us)
2. Bidang Transportasi
Dalam bidang ini, komputer biasanya digunakan untuk keperluan navigasi. Sebagian besar kendaraan modern telah dilengkapi dengan GPS yang terhubung langsung dengan satelit untuk mempermudah pengemudi dalam menuju ke suatu lokasi. Pesawat juga dilengkapi sistem navigasi otomatis (autopilot) yang dikendalikan oleh komputer. (Picture: geosurvey.wordpress.com)
3. Bidang Ilmu Pengetahuan / Pendidikan
Pemanfaatan teknologi komputer dalam bidang ini telah berlangsung sejak lama dan terus berkembang dengan pesat. Sebagian besar sekolah dan universitas telah menggunakan multimedia sebagai penunjang proses belajar mengajar. Contoh teknologi terbaru yang belum populer di Indonesia adalah electronic whiteboard, dengan perangkat ini pengajar dapat menulis di whiteboard yang telah terintegrasi dengan komputer. (Picture: news.softpedia.com)
4. Bidang Telekomunikasi
Telekomunikasi adalah bidang yang paling banyak memanfaatkan teknologi di abad ini. Perkembangan teknologi telekomunikasi berkembang dengan sangat cepat seiring dengan kebutuhan masyarakat dan globalisasi. Pengguna internet terus bertambah setiap harinya dengan intensitas penggunaan yang semakin tinggi pula. Teknologi yang semakin canggih di bidang ini juga menyebabkan ketergantungan, hal ini tampak pada masyarakat yang terganggu aktifitasnya jika tidak tersedia alat komunikasi yang memadai. (Picture: slipperybrick.com)
5. Bidang Ekonomi / Industri
Transaksi uang dan barang saat ini dapat dengan mudah dilakukan dengan memanfaatkan teknologi komputer. Pengambilan uang dapat dilakukan melalui ATM dan pembelian barang dengan sistem online. Kemudahan ini menghilangkan batasan-batasan dalam transaksi di berbagai belahan dunia, memperluas pemasaran, meningkatkan produktifitas, dan semuanya dapat dilakukan dalam hitungan detik sehingga dapat terwujud efisiensi waktu dan biaya. (Picture: townpump.com)
6. Bidang Kesehatan
Komputer memiliki ketelitian yang tinggi dan kemampuan kerja 24 jam, dan kedua hal tersebut sangat diperlukan di bidang kesehatan. Peralatan-peralatan kedokteran mulai menggunakan komputer untuk mempermudah kerja dokter di bidangnya masing-masing. Bahkan saat ini komputer sudah dapat melakukan perkerjaan di bidang kesehatan menggantikan manusia, sebagai contoh dapat dilihat dengan keberadaan komputer pembedah (surgery computer) dan alat peracik obat yang hanya memerlukan sedikit pengaturan dari ahli dan kemudian dapat bekerja dengan sendirinya. (Picture: hip-and-knee-surgery.com)
Dampak Keberadaan Teknologi Informasi di Masyarakat
Dampak positif dapat dilihat dari perkembangan berbagai bidang yang disebutkan di atas, dan pada dasarnya komputer memang diciptakan untuk mempermudah kerja manusia. Dengan teknologi komputer yang semakin berkembang, jarak dan waktu bukan lagi halangan bagi aktifitas dan interaksi manusia sehingga segalanya menjadi lebih efektif.
Namun di balik semua kebaikan yang didapat dari komputer, tentu saja terdapat dampak negatif atau dampak yang merugikan. Kemudahan untuk mendapatkan informasi di internet menyebabkan banyak terjadi pencurian hak intelektual yang dapat berupa pembajakan ataupun plagiat. Keamanan juga menjadi isu penting dalam dunia komputer, dimana banyak terjadi pencurian maupun perusakan data yang terjadi akibat serangan langsung melalui jaringan ataupun virus komputer. Transaksi illegal sering terjadi di dunia komputer terutama melalui internet, penipuan dan pornografi juga merupakan cybercrime yang sering terjadi. Selain permasalahan yang disebutkan di atas, kemudahan yang didapat melalui komputer dapat menyebabkan kemalasan dan lebih parahnya lagi computer/internet addict atau kecanduan.
Kesimpulannya, komputer dalam masyarakat adalah alat yang sangat membantu dalam segala bidang yang memanfaatkannya. Tetapi dengan adanya komputer seharusnya masyarakat tidak menyalahgunakan untuk hal-hal yang tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku. Penggunaan komputer juga sebaiknya tidak berlebihan karena bukannya akan membantu tetapi yang terjadi adalah penurunan produktifitas.
Komputer yang bersifat digital dan memiliki dasar binary/biner seperti yang kita kenal sekarang diawali dari penciptaan Z1 oleh Konrad Zuse pada tahun 1930 yang terus dikembangkan hingga muncul Z3 pada tahun 1941. Komputer ini belum memiliki tujuan militer namun hanya sebagai obyek riset. Pada saat Z4 dikembangkan terjadi perang dunia kedua yang mengakibatkan Z1, Z2, dan Z3 hancur.
Pada tahun 1943 komputer pertama yang memiliki tujuan militer diciptakan, komputer ini bernama Colossus dan diciptakan insinyur Inggris bernama Tommy Flowers. Tujuannya adalah untuk memecahkan sandi yang digunakan Nazi dalam perang dunia kedua. Keberadaan komputer ini baru diketahui publik pada tahun 1970.
Pada tahun 1944, Howard Aiken (professor Harvard University) menciptakan The Mark I yang bertujuan sebagai kalkulator dan penghitung dalam tabel matematika. Namun karena ukurannya yang besar dan kinerja yang lambat, komputer ini dengan mudah tersingkirkan oleh kemputer-komputer lain yang sedang dikembangkan pada saat itu.
Komputer yang bersifat komersil pertama kali diciptakan tahun 1951 dan bernama UNIVAC I, diciptakan oleh Remington Rand. Ukurannya masih sangat besar sehingga belum menarik perhatian publik.
Network pertama yang terbentuk di dunia adalah ARPANET, yang dibentuk pada tahun 1970 dan bertujuan untuk menghubungkan sektor pendidikan, militer, dan ekonomi. Pada masa ini komputer-komputer yang terhubung hanyalah mainframe-mainframe dan koneksinya bersifat tertutup.
Tahun 1971 Federico Faggin dan Ted Hoff mengembangkan microprocessor yang terdiri dari 2250 transistor, mikroprosesor pertama ini dinamakan Intel 4004. Mikroprosesor yang memiliki kemampuan sangat besar ini adalah pelopor dari komputer desktop yang banyak digunakan orang saat ini.
Pong (permainan tenis meja) adalah game pertama yang diciptakan di komputer pada tahun 1972 oleh Al Alcorn. Pada mulanya dia bertujuan untuk menciptakan game mengemudi, namun karena keterbatasan kemampuan komputer pada masa itu, dia mengurungkan niatnya dan mengalihkan projectnya ke game Pong.
Pada tahun 1984, komputer desktop pertama yang menggunakan mouse dan memanfaatkan GUI (Graphical User Interface) diciptakan oleh Apple Computer dan diberi nama Macintosh. Pada awalnya komputer ini dijual seharga $1.5 juta namun pada perkembangannya turun menjadi $2500.
World Wide Web lahir setelah pada tahun 1990 Tim Berners-Lee mengembangkan HyperText Markup Language (HTML). Internet mulai menjadi hal yang umum dengan keberadaan URL (Uniform Resource Locator) dan HTTP (HyperText Transfer Protocol). Internet browser mulai bermunculan, yang paling awal adalah Netscape dan Microsoft Internet Explorer.
Peran Komputer di Berbagai Bidang
1. Bidang Militer
Komputer masih digunakan di bidang militer, namun terjadi pergeseran fungsi dari fungsinya yang semula sebagai decoder (pemecah sandi) menjadi sistem pelacakan dan pertahanan. GPS (Global Positioning System) dan Radar adalah contoh dari perangkat yang pada mulanya diciptakan untuk mendukung bidang militer terutama untuk keperluan perang namun sekarang juga digunakan dalam bidang transportasi dan ilmu pengetahuan. (Picture: co.st-clair.il.us)
2. Bidang Transportasi
Dalam bidang ini, komputer biasanya digunakan untuk keperluan navigasi. Sebagian besar kendaraan modern telah dilengkapi dengan GPS yang terhubung langsung dengan satelit untuk mempermudah pengemudi dalam menuju ke suatu lokasi. Pesawat juga dilengkapi sistem navigasi otomatis (autopilot) yang dikendalikan oleh komputer. (Picture: geosurvey.wordpress.com)
3. Bidang Ilmu Pengetahuan / Pendidikan
Pemanfaatan teknologi komputer dalam bidang ini telah berlangsung sejak lama dan terus berkembang dengan pesat. Sebagian besar sekolah dan universitas telah menggunakan multimedia sebagai penunjang proses belajar mengajar. Contoh teknologi terbaru yang belum populer di Indonesia adalah electronic whiteboard, dengan perangkat ini pengajar dapat menulis di whiteboard yang telah terintegrasi dengan komputer. (Picture: news.softpedia.com)
4. Bidang Telekomunikasi
Telekomunikasi adalah bidang yang paling banyak memanfaatkan teknologi di abad ini. Perkembangan teknologi telekomunikasi berkembang dengan sangat cepat seiring dengan kebutuhan masyarakat dan globalisasi. Pengguna internet terus bertambah setiap harinya dengan intensitas penggunaan yang semakin tinggi pula. Teknologi yang semakin canggih di bidang ini juga menyebabkan ketergantungan, hal ini tampak pada masyarakat yang terganggu aktifitasnya jika tidak tersedia alat komunikasi yang memadai. (Picture: slipperybrick.com)
5. Bidang Ekonomi / Industri
Transaksi uang dan barang saat ini dapat dengan mudah dilakukan dengan memanfaatkan teknologi komputer. Pengambilan uang dapat dilakukan melalui ATM dan pembelian barang dengan sistem online. Kemudahan ini menghilangkan batasan-batasan dalam transaksi di berbagai belahan dunia, memperluas pemasaran, meningkatkan produktifitas, dan semuanya dapat dilakukan dalam hitungan detik sehingga dapat terwujud efisiensi waktu dan biaya. (Picture: townpump.com)
6. Bidang Kesehatan
Komputer memiliki ketelitian yang tinggi dan kemampuan kerja 24 jam, dan kedua hal tersebut sangat diperlukan di bidang kesehatan. Peralatan-peralatan kedokteran mulai menggunakan komputer untuk mempermudah kerja dokter di bidangnya masing-masing. Bahkan saat ini komputer sudah dapat melakukan perkerjaan di bidang kesehatan menggantikan manusia, sebagai contoh dapat dilihat dengan keberadaan komputer pembedah (surgery computer) dan alat peracik obat yang hanya memerlukan sedikit pengaturan dari ahli dan kemudian dapat bekerja dengan sendirinya. (Picture: hip-and-knee-surgery.com)
Dampak Keberadaan Teknologi Informasi di Masyarakat
Dampak positif dapat dilihat dari perkembangan berbagai bidang yang disebutkan di atas, dan pada dasarnya komputer memang diciptakan untuk mempermudah kerja manusia. Dengan teknologi komputer yang semakin berkembang, jarak dan waktu bukan lagi halangan bagi aktifitas dan interaksi manusia sehingga segalanya menjadi lebih efektif.
Namun di balik semua kebaikan yang didapat dari komputer, tentu saja terdapat dampak negatif atau dampak yang merugikan. Kemudahan untuk mendapatkan informasi di internet menyebabkan banyak terjadi pencurian hak intelektual yang dapat berupa pembajakan ataupun plagiat. Keamanan juga menjadi isu penting dalam dunia komputer, dimana banyak terjadi pencurian maupun perusakan data yang terjadi akibat serangan langsung melalui jaringan ataupun virus komputer. Transaksi illegal sering terjadi di dunia komputer terutama melalui internet, penipuan dan pornografi juga merupakan cybercrime yang sering terjadi. Selain permasalahan yang disebutkan di atas, kemudahan yang didapat melalui komputer dapat menyebabkan kemalasan dan lebih parahnya lagi computer/internet addict atau kecanduan.
Kesimpulannya, komputer dalam masyarakat adalah alat yang sangat membantu dalam segala bidang yang memanfaatkannya. Tetapi dengan adanya komputer seharusnya masyarakat tidak menyalahgunakan untuk hal-hal yang tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku. Penggunaan komputer juga sebaiknya tidak berlebihan karena bukannya akan membantu tetapi yang terjadi adalah penurunan produktifitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar